Arti Help Each Other

Arti Kata Okay

Halo teman-teman, ketemu lagi dengan saya Iman Prabawa. Kali ini saya mau membahas arti kata okay. Kebetulan saya menemukan artikel dalam bahasa Inggris yang menurut saya bagus sekali karena dia membahas mangenai sejarah dari kata OK dan okay.

Buat kalian yang bahasa Inggrisnya masih pemula sekali dan kalian bingung harus belajar dari mana, saya membuat pelajaran bahasa Inggris dari dasar sekali dan bertahap. Kalian bisa KLIK DI SINI untuk menuju ke Pelajaran Bahasa Inggris Pemula dari saya.

Arti Kata Okay

Arti kata okay bisa kita lihat pada gambar di bawah ini,

Arti Kata Okay

Artinya adalah baik. Nah yang ingin saya bahas di sini adalah beda antara okay dan OK. Kemudian teman-teman juga pastinya mungkin ada yang bertanya OK itu singkatan dari apa sih sebenarnya? Nah di artikel yang saya baru temukan dibahas tuh mengenai hal itu.

Kalau teman-teman ingin membaca sendiri artikelnya silakan bisa membaca di Artikel Ini.

Sejarah OK

OK muncul di Amerika pada sekitar tahun 1830-an, di artikel tersebut disebutkan seperti itu. Nah OK ini adalah singkatan dari 'all correct' yang ditulis secara lucu-lucuan menjadi 'oll korrekt'. Mungkin kalau di bahasa Indonesia seperti misalnya "Serius, demi apa?" yang kemudian dibuat jadi ngegemesin menjadi, "Ciyus, miapah?". Di sini ngga ada yang iseng nyingkat ciyus miapah menjadi CM sih ya? Kalau di Amerika 'all correct' itu dituliskan secara lucu-lucuan jadi 'oll korrekt'. Kemudian dari tulisan yang lucu-lucuan itu dibuat singkatannya, jadilah menjadi OK.

Sementara kata 'okay' kalau menurut kamus Oxford, sampai tahun 1895 belum ditemukan ada kata 'okay' tersebut. Nah selanjutnya tidak diberitahukan juga kapan kata 'okay' ini mulai muncul dan dipergunakan. Mungkin juga 'okay' ini kemudian ditetapkan menjadi penulisan dari singkatan OK tersebut, karena singkatan OK itu kan kalau dibaca adalah 'okay'.

Kalau kita lihat dari sudut pandang linguistik, salah satu ciri bahasa itu kan adalah kesepakatan bersama dari para penggunanya. Kalau penggunanya sepakat untuk menggunakannya maka itu akan digunakan secara meluas. Maksudnya sepakat adalah ketika sebuah kata muncul atau tercipta, kemudian yang lain mulai ikut menggunakannya (mungkin karena lucu, mungkin karena kata tersebut enak buat diucapkan, mungkin juga karena kata tersebut punya arti tertentu pada saat itu, dan juga karena kemungkinan yang lainnya), dan kemudian kata tersebut menjadi tersebar ke seluruh penjuru negeri dan kemudian dibakukan oleh badan bahasa di negara tersebut.

Oh iya all correct ini kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya adalah semuanya benar atau benar semua.

Nah kurang lebih seperti itu arti kata okay dan juga sejarahnya. Semoga bisa bermanfaat yaa.. I'll see you again next time..

Comments