Arti Help Each Other

Tips Melatih Kemampuan Listening Kita

Halo teman-teman semua para English learners, kali ini saya mau sharing tip melatih kemampuan listening kita, sebelumnya di tulisan sebelumnya saya juga sudah menulis artikel cara melatih listening dalam bahasa Inggris, lalu kemudian saya menemukan cara lain lagi nih. Kalau yang tadi saya sharingkan itu kita menonton film kan ya?

Menonton film bisa kita menggunakan DVD player, lalu beli DVD film yang kita suka, terserah aja filmya apa. Namun kalau boleh saya memberikan saran, mungkin drama akan jauh lebih bagus karena itu kan lebih tentang kehidupan sehari-hari yang kita alami. Sementara kalau film lain misalnya film science fiction akan banyak hal-hal yang ngga ada di kehidupan sehari-hari kita.

Tapi it's okey juga buat kita melatih listening skill kita teman-teman. Jadi pilih aja film yang teman-teman memang sukai dari jalan ceritanya. Nah sekarang saya mau sharing tips yang lain.

Melatih Listening Kita Dari Menonton Video Di Youtube

Nah ini bisa teman-teman gunakan juga, menonton dari youtube. Tapi masalahnya kan kalau dari youtube itu ngga ada subtitlenya kan? Terus gimana kita bisa tahu nanti apa yang kita tulis itu benar atau tidak? Nah saya menemukan di youtube ada video yang orang-orang memasukkan captionnya ke dalam video tersebut, sehingga kita bisa nyalain dan matikan.

Saya beri contoh ya, kemarin saya masuk ke channel youtubenya The Guardian. The guardian ini adalah website berita dari Inggris, jadi bahasa Inggrisnya adalah British English. Saya melihat daftar video-video yang mereka upload dan saya melihat ada video yang ada CC-nya. Kita lihat pada gambar di bawah ini. Video yang ada CC-nya saya beri kotak merah ya.

Tips Melatih Kemampuan Listening Kita

Nah teman-teman lihat kan dari daftar video di youtube channelnya The Guardian ngga semua video yang ada tanda CC-nya. Oh iya CC itu apa sih? CC itu singkatan dari Closed Caption yaitu subtitle yang bia kita nyalakan atau matikan. Nah teman-teman mesti memperhatikan video yang ada tulisan CC-nya seperti yang saya beri contoh di atas ya, karena itu berarti mereka yang membuat video itu, mereka yang mengupload file .srt yaitu file untuk subtitle ke youtube mereka.

Kalkau videonya tidak ada tulisan CC-nya tapi teman-teman ketika memutar video youtube tersebut tetap bisa menyalakan CC di bagian bawah dari video youtube seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

Closed Caption
 
Nah teman-teman lihat kan di bagian kanan bawah ada tulisan CC? Dimana teman-teman bisa mengklik untuk menghidupkan atau mematikan subtitle-nya disitu. Nah kalau video yang tidak ada tanda CC seperti di gambar video The Guardian di atas, kan ada yang ada tanda CC-nya dan ada yang ngga tuh. Yang ngga kalau teman-teman coa setel videonya di bagian bawahnya juga tetap akan ada CC-nya tapi kalau teman-teman aktifkan biasanya subtitlenya ngaco, karena subtitle itu adalah hasil tebakan dari softwarenya youtube aja, namun kalau video yang ada tanda CC-nya memang si pembuat videonya yang mengupload sendiri CC-nya, dia membuat subtitlenya agar orang bisa mengerti videonya dan dia upload, sehingga subtitlenya sudah pasti benar.

Nah saya menemukan channel youtube lain yang ternyata videonya banyak terdapat CC-nya, yaitu channelnya TED Talks! Teman-teman bisa mengklik DISINI untuk menuju channel youtubenya dan teman-teman akan melihat seperti skrinsut di bawah ini dimana banyak sekali video yang ada CC-nya! Walau ada juga yang tidak ada CC-nya.

Video With CC


Tuh teman-teman, yang saya kotakkin merah itu ada CC-nya semua! Banyak kan? Dan bagusnya topik yang dibahas di TED Talks juga bagus-bagus sehingga kita bisa dapat ilmu lain selain belajar bahasa Inggris. 

Seru kan? Jadi ngga cuma belajar bahasa Inggris doang, selagi belajar pengetahuan dan wawasan kita juga jadi bertambah luas. Asik kan melatih listening skill kita dengan cara seperti ini?

Manfaatkan Internet Untuk Latihan Bahasa Inggris

Jadi kita benar-benar bisa memanfaatkan internet untuk kita belajar bahasa Inggris dan melatih listening skill kita. Internet ngga cuma dipakai untuk facebookan doang atau bersocial media doang dan menulis status atau foto selfi tapi bisa kita manfaatkan secara maksimal untuk kita belajar.

Saya sendiri sekarang lagi belajar bahasa Jepang dan internet saya gunakan maksimal dalam saya belajar bahasa Jepang. Memang belajar bahasa sekarang itu jauh lebih mudah dan menyenangkan ketimbang 15 tahun yang lalu. Nyari bahan untuk belajar susah, nyari tulisan bahasa Inggris susah, yang ada kita perlu langganan koran bahasa Inggris dulu, atau membeli majalah bahasa Inggris yang harganya mahal-mahal. 

Kalau sekarang mah kita tinggal buka internet aja, terus browsing deh. Kita akan sangat banyak sekali menemukan artikel berbahasa Inggris, audio berbahasa Inggris, film berbahasa Inggris untuk kita belajar. Jadi sekarang sudah ngga ada alasan lagi ngga bisa berbahasa Inggris lho dengan semua kemudahan yang kita dapatkan sekarang ini.

Nah semoga sharing dari saya ini bisa memberikan ide untuk teman-teman yang lagi kebingungan dalam belajar bahasa Inggris dan yang lagi ingin meningkatkan kemampuan berbahasa Inggrisnya. Sekarang sudah jauh lebih mudah, tinggal kitanya mau atau tidak memaksa diri kita untuk belajjar. Kalau begitu sampai ketemu lagi ya teman-teman di sharing-sharing saya berikutnya mengenai bahasa Inggris, pastinya di blog belajar bahasa Inggris Iman Prabawa ini, dimana kita belajar bareng disini. Yuk kita tingkatkan kemampuan berbahasa Inggris kita.

Comments