Arti Help Each Other

Mengenal Noun

Sebuah noun dapat berupa nama seseorang, tempat, benda atau sebuah ide. Sebuah noun dapat menjadi subject dalam sebuah kalimat atau sebuah noun dapat berupa object atau complement dari sebuah kalimat, atau sebuah noun dalam berada di dalam sebuah prepositional phrase yang memberikan informasi tambahan terhadap sebuah ide di dalam sebuah kalimat.

Noun Phrase

Noun phrase adalah sekumpulan kata-kata yang diakhiri dengan sebuah noun dan dapat mengandung determiner, adjective atau pun adverb di dalamnya. Biasanya subject dan complement(object) dari sebuah kalimat sering terdiri dari noun phrase ini. Sebuah prepositional phrase TIDAK dapat dikatakan sebuah noun phrase.

Count Noun Dan Non-Count Noun

Noun yang dapat kita hitung itu dinamakan dengan count noun. Contohnya dalam hal ini misalnya chair, kita bisa menghitungnya, one chair, two chairs, three chairs, dan seterusnya.

Atau boy misalnya, kita juga menghitungnya, misalnya one boy, two boys, three boys dan seterusnya.

Atau misalnya dog adalah noun yang bisa kita hitung, misalnya one dog, two dogs, three dogs dan seterusnya.

Noun yang tidak dapat kita hitung itu disebutnya adalah non-count noun, contohnya misalnya adalah coffee. Kita tidak bisa menyebutnya one coffee, two coffees, three coffees dan seterusnya.

Namun kita dapat membuat sebuah non-count noun menjadi dapat dihitung kalau kita menempatkannya ke dalam sebuah tempat, misalnya can of coffee. Nah untuk can of coffee ini kita bisa menyebutnya one can of coffee, two cans of coffee. Perhatikan ketika lebih dari satu yang berubah jadi pluralnya bukan coffee jadi coffees ya tapi can(kaleng) berubah jadi cans.

Berikut ini merupakan yang termasuk ke dalam non-count noun. Saya coba kelompok-kelompokkan ya.
  1. Sebuah kelompok yang terdiri dari beberapa benda yang sejenis, misalnya jewelry, traffic, clothing, furniture, luggage, scenery, mail, makeup, money, cash, food, fruit, equipment.
  2. Cairan, misalnya water, blood, oil, tea, milk, gasoline, soup.
  3. Benda padat, misalnya wood, meat, bread, butter, ice, gold, silver, glass, wool, paper, iron.
  4. Gas, misalnya air, smoke, pollution, nitrogen, oxygen, steam.
  5. Partikel-partikel, misalnya sand, salt, sugar, flour, dust, corn, wheat, grass, hari, chalk, dirt. 
  6. Sesuatu yang abstrak, misalnya advice, beauty, courage, education, energy, fun, grammar, health, help, homework, information, intelligence, knowledge, luck, music, news, peace, progress, slang, sleep, space, time, truth, vocabulary, wealth, work.
  7. Bahasa, misalnya Chinese, English, German, Spanish.
  8. Bidang study, misalnya chemistry, history, literature, mathematics.
  9. Bidang olahraga, misalnya baseball, chess, football, poker, soccer, tennis.
  10. Aktivitas(biasanya dalam bentuk gerunds), misalnya driving, fishing, hiking, studying, swimming.
  11. Kejadian atau keadaan alam, misalnya darkness, electricity fire, fog, gravity, hail, heat, humidity, light, lightning, rain, snow, sunshine, thunder, weather, wind.
Nah kira-kira seperti itu. Biasanya noun yang dapat dihitung itu ketika lebih dari satu kan kita menambahkan s atau es dibelakangnya, namun ada juga yang berubah ketika plural, misalnya man menjadi men ketika banyak. Kemudian child menjadi children ketika dalam bentuk plural, foot menjadi feet, mouse menjadi mice, person menjadi people, tooth menjadi teeth dan woman menjadi women.

Kira-kira seperti itu pembahasan mengenai mengenal noun ini. Sekarang kita coba yuk mengerjakn soal di bawah ini. Dari noun yang berada di bawah ini silakan beri tanda C untuk noun yang bisa dihitung dan beri tanda N untuk noun yang tidak bisa dihitung.

Misalnya contohnya :
Radio (C)                       Algebra (N)
Nah sekarang kita lihat soalnya di bawah ini dan silakan beri tanda C untuk Count Noun dan beri tanda N untuk Non-Count Noun.
  1. Minute 
  2. Clothing 
  3. Canyon 
  4. Gas
  5. Smoke 
  6. Food 
  7. Eye 
  8. Bus
  9. Spoon 
  10. Advice 
  11. Milk 
  12. Math 
Selamat mengerjakan ya, dan kita sudahi dulu artikel mengenai mengenal noun ini. Untuk teman-teman yang ingin melihat jawaban untuk soal di atas silakan teman-teman bisa mengkliknya disini. Sampai ketemu lagi. Wassalam.

Comments