Arti Help Each Other

Collective Nouns Itu Singular Atau Plural?

Halo teman-teman semua para English learners, apa kabar? Teman-teman semua masih ingat mengenai collective nouns? Dulu saya pernah membahas mengenai collective nouns di salah satu tulisan saya di blog ini.

Nah kali ini ini yang saya mau bahas itu adalah collective nouns itu singular atau plural? Karena kebetulan saya menemukan artikel bagus yang membahas mengenai hal ini. Untuk teman-teman yang bahasa Inggrisnya sudah lancar bisa langsung saja membacanya disini.

Saya coba angkat disini ya pembahasan dari artikel tersebut agar kita semua bisa mengerti dan menambah pengetahuan kita juga tentunya.

Collective Nouns Itu Singular Atau Plural?



Singular Atau Plural Collective Noun Itu?

Collective nouns itu adalah kata untuk sekumpulan orang, binatang atau benda. Collective nouns ini mengacu noun yang menjelaskan mengenai sebuah group, misalnya " family" atau "orchestra" atau "badan".

Ada sekitar 200 collective nouns dalam bahasa Inggris. Kadang mereka ini singular, dan kadang mereka ini plural. Yang terpenting untuk kita ketahui adalah tidak ada peraturan yang pasti mengenai hal ini, yang ada hanya trend dan kebiasaan saja.

Biasanya verb yang mana yang akan kita gunakan, apakah singular atau plural itu bergantung kepada dua hal yaitu apakah kita menganggap collective nouns itu sebagai satu unit atau kita mengangaap collective nouns itu adalah kumpulan dari unit-unit, dan juga apakah kita mengacu kepada Inggris Amerika atau Inggris British.


Singular Atau Plural Verbs? 

Mari kita gunakan contoh collective noun "couple" sebagai contoh kita kali ini. Ketika kita berpikir couple ini sebagai dua orang yang berbeda yang sedang melakukan dua hal yang berbeda, maka dalam konteks ini kita akan menggunakan plural verb. Contoh kalimatnya misalnya, "The couple are vacationing separately this year. (Pasangan itu berlibur secara terpisah tahun ini)". Kenapa disini kita menggunakan are dan bukannya is? Karena dalam kasus ini pasangan itu dianggap sebagai dua orang yang berbeda yang melakukan dua hal yang berbeda juga, sehingga kita menggunakan are ketimbang menggunakan is.

Dalam kasus lain kalau kita berpikir pasangan itu adalah satu unit atau satu kesatuan, maka kita akan menggunakan singular verb. Contohnya misalnya, "Each couple is going to Bermuda on a different day. (Pasangan itu pergi ke Bermuda pada hari yang berbeda)". Kita hanya perlu menggunakan analisa terbaik kita saja, dan walau pun ini kelihatannya sulit dan membingungkan, kabar baiknya adalah kita ngga akan mungkin salah karena :
  1.  Tidak ada peraturan pasti mengenai hal ini.
  2. Kita bisa menjelaskan atas pilihan verb kita, apakah itu singular atau plural verb dari cara memandang kita terhadap pasangan tersebut apakah pasangan itu kita anggap sebagai satu kesatuan atau dua orang yang terpisah.
Berikut ini ada contoh yang lain, ada seseorang yang bertanya mengenai kata "family'. Dia ingin tahu mana yang benar, "Tim's family is ranchers. (Keluarga Tim adalah pengusaha peternakan)" atau "Tim's family are ranchers". Dia berkata bahwa dia lebih cenderung menggunakan "are" namun ketika dia mengecek ke sebuah grammar checker (software untuk mengecek grammar) maka hasilnya adalah "is" yang digunakan. Dia bertanya apakah penyebabnya adalah kata ranchers(plural) setelah verb yang menyebabkan perbedaannya. Dalam kasus ini ngga masalah apa yang muncul setelah verb, yang jadi masalah adalah idenya yang muncul di kepala kita.

Dalam kasus ranchers tadi, saya sendiri lebih memili "are" ketimbang "is" karena disini kita mengacu kepada beberapa individu, jadi familynya mengacu kepada masing-masing individu. Bagaimana kalau kata ranchers(noun) itu kita ganti menjadi wealthy(adjective)? Maka akan menjadi, "Tim's family is wealthy. (Keluarga Tim kaya)" atau "Tim's family are wealthy"?. Dalam kasus ini saya lebih memilih "is" ketimbang "are" karena disini kita membicarakan keluarga Tim sebagai satu kesatuan atau satu unit.

Inggris Amerika Versus Inggris British

Ada perbedaan antara Inggris Amerika dan Inggris British dalam masalah ini. Kalau Inggris Amerika cenderung memperlakukan collective nouns sebagai satu unit sehingga lebih lazim digunakan singular verb kecuali memang kita benar-benar membicarakan mengenai satu per satu individunya. Dalam Inggris Amerika lebih cenderung yang ini, "The faculty is meeting today" ketimbang yang ini, "The faculty are meeting today".

Di Inggris British hal ini malah sebaliknya, lebih lazim digunakan plural verb untuk collective nouns. Bahkan kalimat yang benar menurut Inggris British dianggap tidak benar di Inggris Amerika. Misalnya pada contoh kalimat, "Cambridge are winning the boat race", kalimat ini untuk di Inggris British benar namun kalau di Inggris Amerika yang lebih tepat adalah, "Cambridge is winning the boat race".

Beberapa Acuan Dalam Collective Noun

Walau pun tidak ada peraturan tertulis mengenai penggunaan singular atau plural verb setelah collective noun, namun ada dua acuan besar dalam hal ini.

Pertama, nama institusi, seperti the United States, the House of Lords, dan Congress, biasanya menggunakan singular verb. Hal ini dikarenakan kita melihat institusi tersebut sebagai sebuah unit. Jadi akan lebih tepat, "Congress is meeting today" ketimbang "Congress are meeting today". Kalau kita ingin menekankan para member yang ada di dalam Congress, kita akan menggunakan kalimat seperti berikut ini, "The members of Congress are meeting today".

Kedua, acuan yang digunakan dalam kita memilih singular atau plural verb adalah berhubungan dengan jenis nounnya. Apakah hidup atau tidak hidup? Untuk yang hidup kita bisa menggunakan singular atau plural verb namun untuk yang tidak hidup misalnya "sugar" atau "furniture" selalu kita gunakan singular verb. Yang tidak hidup ini seringkali disebutnya mass nouns atau uncountable nouns.

Jadi contoh penggunaan verbnya untuk mass nouns atau uncountable nouns atau collective nouns yang tidak hidup misalnya, "This sugar is very sweet" atau "My furniture is too old". Kita tidak bisa berkata, "This sugar are" atau "My furniture are". Kalau kita ingin membicarakan individu dari sebuah furniture atau sugar kita akan berbicaranya, "These pieces of furniture are new" atau "Eight grains of sugar were found".

Prepositional Phrases

Banyak orang salah ketika mendapati ada prepositional phrase setelah collective noun yang merupakan subjek dari sebuah kalimat. Contohnya, kalau kita berbicara mengenai "a large group of students", disini "group" adalah collective noun dan merupakan subjek dari sebuah kalimat. Dan kemudian mudah bagi kita untuk kemudian terganggu dengan keberadaan prepositional phrase "of students" yang terdengar sangat plural. Hal yang perlu kita ingat adalah verb melihat dari subjek kalimat yaitu "a large group" dan bukan dari prepositional phrase yang mengubah subjek.

Dalam kasus ini, abaikan saja prepositional phrase "of students" dan melihatnya dari subjek kalimatnya yaitu "a large group". Kalau kita ada di Amerika dan kita berpikir "a large group" sebagai satu buah unit, maka kita akan menggunakan singular verb yaitu, "A large group of students is arriving at noon" sementara kalau kita di Inggris dan berpikir students sebagai individu-individu maka kita akan menggunakan plural verb misalnya, "A large group of students were listening."

Konsistensi

Hal terakhir yang perlu dipertimbangkan dengan collective noun adalah pastikan kita menggunakan apa yang kita pilih dengan konsisten. Kalau kita membicarakan mengenai "the faculty" dan kita memilih untuk menggunakan plural verb, maka kita perlu untuk selalu konsisten. Kita ngga bisa mengucapkan seperti pada kalimat berikut ini, "The faculty is meeting today, but they are not happy to be meeting at 5am" karena disini kita mencampurkan singular verb yaitu "is" dengan plural pronoun yaitu "they" dan plural verb disitu yaitu "are". Akan lebih baik jika kita konsisten semuanya singular atau semuanya plural.

Nah semoga apa yang saya coba terjemahkan dari artikel tersebut bisa berguna dan menambah pengetahuan kita. Kalau begitu saya sudahi dulu ya sharing saya mengenai collective nouns itu singular atau plural. Sampai ketemu lagi di blog belajar bahasa Inggris Iman Prabawa. Salam..

Comments