Arti Help Each Other

Articles Dalam Bahasa Inggris Bagian Kedua

Nah teman-teman kita lanjut lagi nih sekarang di artikel yang bagian kedua ini, dan untuk teman-teman yang belum membaca artikel bagian pertamanya bisa membacanya terlebih dahulu di artikel Articles Dalam Bahasa Inggris Bagian Pertama ini. Yuk kita lanjutkan pembahasan kita.

Article The

Gunakan article the saat kita tahu atau kita berasumsi bahwa si pendengar atau yang kita ajak berbicara kenal dengan orang, tempat atau benda yang kita bicarakan.

Kita lihat contohnya pada kalimat di bawah ini,
The earth is a beautiful planet.
Pada kalimat di atas, semua orang tahu tentunya dengan earth (bumi) karena hanya ada satu bumi. Makanya kita menggunakan the di depan kata earth.

Lalu kita lihat lagi pada contoh kalimat di bawah ini,
The teacher asked me a question.
Pada kalimat di atas, kita tahu bahwa pendengar dimana kita berbicara tahu dan kenal guru yang kita maksud. Itulah mengapa kita menggunakan article the di depan kata teacher.

Gunakan the untuk non-count noun hanya bila kita membicarakannya secara spesifik. Kalau kita membicarakannya tidak secara spesifik atau secara umum kita membahasnya, jangan gunakan article. Misal kita lihat pada contoh kalimat di bawah ini,
Water is wet.
Nah air yang kita bicarakan pada kalimat ini adalah air secara umum dan bukannya spesifik. Itulah kenapa kita tidak menggunakan article the disini.

Kemudian kita lihat lagi pada contoh kalimat berikut ini,
The water in the stream is cold.
Nah air pada kalimat di atas adalah spesifik yaitu kita membicarakan air yang terdapat di sungai (stream). Jadi kita bisa menggunakan article  the untuk non-count noun asal spesifik yang kita bicarakan.

Aturan yang sama juga berlaku untuk plural count noun. Untuk plural count noun yang spesifik kita bisa menggunakan article the sebelum kata tersebut, sementara untuk plural count noun yang umum kita tidak bisa menggunakan article the di depan kata tersebut.

Kita lihat pada contoh kalimat di bawah ini ya,
I like apples.
Nah pada kalimat di atas, apple-nya itu ngga spesifik, apple-nya umum. Saya suka apel, nah buah apelnya itu umum dan tidak spesifik sama sekali. Itulah mengapa kita tidak menggunakan article pada kalimat tersebut.

Sementara pada kalimat di bawah ini kita lihat,
The apples on the tree are not ripe.
Nah pada kalimat yang kedua, apel yang dibahasnya lebih spesifik yaitu apel yang berada di atas pohon. Itulah mengapa kita bisa menggunakan article the pada kalimat di atas.

Nah kira-kira seperti itu teman-teman, tapi ini belum selesai nih. Nanti kita sambung lagi ya? Di tulisan berikutnya kita akan membahas mengenai aturan kapan kita bisa menggunakan article the dan kapan kita tidak bisa menggunakan article the di dalam sebuah kalimat. Kalau begitu saya sudahi dulu ya articles dalam bahasa Inggris bagian kedua ini. Sampai ketemu lagi di sharing saya yang berikutnya ya, tentunya di blog belajar bahasa Inggris Iman Prabawa ini. Wassalam.

Comments