Arti Help Each Other

Possessive Pronoun Dalam Bahasa Inggris

Kali ini bahasan kita adalah mengenai possessive pronoun dalam bahasa Inggris. Kita sudah membahas mengenai possessive determiner ya di tulisan saya yang sebelumnya. Yuk langsung aja kita bahas.


Possessive Pronoun

Possessive pronoun digunakan untuk membicarakan kepunyaan. Kalau di tulisan yang sebelumnya dalam hal possessive determiner kepunyaan itu diikuti dengan nounnya, namun kalau possessive pronoun ini tidak perlu diikuti dengan noun di belakangnya. Dia berdiri sendiri. Kata-kata yang termasuk ke dalam possessive pronoun antara lain mine, yours, his, hers, ours dan theirs.

Kalau teman-teman bingung, jangan bingung dulu, kita langsung aja melihat contohnya di bawah ini biar teman-teman tidak bingung ya.



Contoh-Contoh Kalimat Possessive Pronoun

Kita lihat yuk contoh-contoh kalimat possessive pronoun di bawah ini :

This book is mine
Have you lost yours, Tom? 
This pen is mine and that one is his
Sarah has lost her cat. Is this cat hers
I can see our car, but where is yours
We’ve had our lunch, but they haven’t had theirs.

Nah ada 6 contoh kalimat di atas ya, teman-teman sudah bisa melihat bedanya antara possessive pronoun dengan possessive determiner? Kalau possessive pronoun itu tidak diikuti dengan noun, dia berdiri sendiri aja. 

Misalnya kita bahas contoh kalimat yang pertama ya, 
This book is mine. <--- nah disini kita tidak menggunakan my book lagi. Mine itu sudah berarti bahwa itu ada bukunya. Atau kalau diganti dengan kalimat lain yang menggunakan possessive determiner akan menjadi seperti ini, "This book is my book." atau bisa juga, "This is my book". Perhatikan setelah kata my diikuti dengan kata book (noun) sementara setelah kata mine itu tidak ada kata yang mengikutinya lagi.

Kita perhatikan contoh soal yang nomor lima di atas ya, "I can see our car, but where is yours?". Nah disini ada possessive determiner nih, yang manakah gerangan?. Possessive determiner selalu diikuti dengan noun di belakangnya, jadi bisa kita lihat pada kalimat di atas yang bagian, our car. Nah disitu kan menjelaskan mengenai mobil kita. Our yang kemudian diikuti dengan noun yaitu car. Sementara kalau possessive pronoun dia tidak perlu lagi menggunakan noun di belakangnya.

Bagian kalimat yang, "..., where is yours?", dia tidak perlu dituliskan lagi nounnya. Kalau dituliskan lagi nounnya menjadi, ".., where is your car?" misalnya, maka ini akan menjadi possessive determiner. Sampai di sini teman-teman jelas ya mengenai perbedaan antara possessive pronoun dengan possessive determiner atau possessive adjective. 

Contoh soal possessive pronoun yang nomor enam juga sama tuh. Ngga perlu saya bahas lagi ya, teman-teman sudah mengerti bukan? Kalau begitu saya sudahi dulu ya sharing dari saya mengenai possessive pronoun dalam bahasa Inggris ini. Semoga bisa bermanfaat untuk teman-teman semuanya. See you guys..



Referensi :
  1. Possessive Pronoun, About.com
  2. Basic English Grammar for English Language Learners - Anne Seaton, Y.H. Mew 

Comments