Arti Help Each Other

Possessive Adjective Dalam Bahasa Inggris

Halo teman-teman, ketemu lagi dengan saya, Iman Prabawa di blog belajar bahasa Inggris saya. Nah kali ini saya ingin membahas mengenai possessive adjective dalam bahasa Inggris. Yuk langsung aja kita bahas yaa..

Possessive Adjective Dalam Bahasa Inggris


Possessive Adjective 

Possessive Adjective ini menunjukkan kepunyaan. Possessive adjective ini mempunyai nama lain, atau dikenal juga dengan sebutan possessive determiner atau weak possessive pronoun atau possessive saja.

Kata-kata yang termasuk ke dalam possessive adjective dan menunjukkan kepunyaan antara lain my, your, his, her, its, our and their. Semua kata-kata ini biasanya diletakkan sebelum noun untuk menunjukkan kepunyaan.


Kita lihat contoh kalimat di bawah ini yaa..

I gave my sandwich to John.
Is this your desk?
Alan crashed his bike into a wall.
Mrs. Park keeps her house very clean.
The dog was licking its paws.
There’s a snake in our garden.
Susan and Peter have invited me to their party.

Nah kalau kita perhatikan di belakang kata-kata possessive adjective tersebut pasti diikuti dengan nounnya ya. Misalnya di kalimat yang pertama my diikuti dengan sandwich (noun), kemudian di kalimat yang kedua, your diikuti dengan desk (noun), di kalimat yang ketiga his diikuti dengan bike (noun) dan kemudan di kalimat yang keempat her diikuti dengan house (noun) dan kemudian kalimat yang kelima its diikuti dengan paws (noun).

Kemudian contoh pada kalimat yang keenam our diikuti dengan garden (noun) dan yang contoh kalimat yang terakhir their diikuti oleh party (noun).  

Nah seperti itu kira-kira teman-teman. Semoga sharing dan penjelasan saya mengenai possessive adjective dalam bahasa Inggris ini bisa bermanfaat untuk teman-teman semuanya. Tetap pantengin terus blog saya ini ya untuk sharing yang berikutnya, tentunya tentang pembelajaran bahasa Inggris. Sampai ketemu lagi teman-teman..



Referensi :
  1. Possessive Determiner, About.com
  2. Basic English Grammar for English Language Learners - Anne Seaton, Y.H. Mew

Comments

  1. Apakah possessive adjective itu adalah jenis dari proboun?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Possessive adjective itu bisa dibilang juga adalah termasuk keluarga pronoun kalau kita melihat definisi dari pronoun itu adalah "a pronoun takes the place of a noun or a group of nouns". Pronoun adalah sebuah kata yang menggantikan noun. Fungsi pronoun itu kan menggantikan, misalnya saya beri contoh kalimat "Angela called Khalid and invited him to go skating with her" nah kalimat ini kan menggunakan pronoun him dan her. Dimana pronoun him dan her ini untuk menggantikan Angela dan Khalid. Atau saya bisa buat kalimat di atas menjadi, "Angela called Khalid and invited Khalid to go skating with Angela." Nah biar tidak dua kali diulang nama-nama itu, maka digunakannya kata pengganti yang disebut pronoun. Akan aneh kan kalau kita mengulang-ulang nama terus menerus seperti itu terdengarnya? Itulah makanya adanya pronoun. Seperti itu kira-kira..

      Delete

Post a Comment