Arti Help Each Other

Articles Dalam Bahasa Inggris

Di sharing mengenai pembelajaran bahasa Inggris saya kali ini, saya mau menjelaskan mengenai articles dalam bahasa Inggris. Articles ini bukan tulisan atau artikel dalam bahasa Indonesia ya. Nah kalau teman-teman lagi membaca tulisan saya, saya bisa berkata, teman-teman sedang membaca salah satu artikel saya.

Nah articles yang dimaksudkan kali ini adalah bukan artikel yang seperti itu. Kalau begitu langsung aja yuk kita membahas mengenai articles dalam bahasa Inggris.

Mengenal Articles Dalam Bahasa Inggris

Yang termasuk ke dalam articles dalam bahasa Inggris antara lain adalah a, an dan the. Dimana a dan an itu disebut juga indefinite article, sementara the itu disebut dengan sebutan definite article.

Kita menggunakan a sebelum noun yang berawalan dengan huruf konsonan, misalnya a book, a car, a pillow dan lain-lain. Sementara kita menggunakan an sebelum noun yang berawalan dengan huruf vocal yaitu a, i, u, e dan o. Contohnya misalnya an eye, an apple, an ice cream dan lain-lain.

Yang perlu teman-teman perhatikan dalam menggunakan an ini, adalah bunyinya adalah terdengar seperti huruf vocal, karena ada juga penggunaan an misalnya pada an hour. Kalau kita lihat hour, huruf h di depannya itu kan bukan huruf vocal tho? Tapi kok dia menggunakan an hour dan bukannya a hour? Tadi katanya an itu digunakan untuk noun yang berawalan dengan huruf vocal, yang ini kan (hour) bukan berawalan dengan huruf vocal, lalu mengapa menggunakan an dan bukannya a?

Nah untuk ini ada penjelasannya di websitenya Oxford Dictionaries, dimana disitu dijelaskan melalui sebuah video yang linknya pernah saya berikan di salah satu artikel saya yang ada di blog ini. Mereka menjelaskan kalau an itu digunakan untuk kata-kata yang memang kalau diucapkan terdengar huruf vocal. Seperti contohnya hour, itu kalau diucapkan kan kita tidak mendengar h-nya, kita mendengar 'our, dimana h-nya seperti hilang dan tidak kita ucapkan.

Beda dengan hotel, dimana untuk kata hotel, h-nya jelas kita ucapkan. Maka untuk hotel kita menggunakan a hotel dan bukannya an hotel, namun kalau kita mengucapkannya 'otel maka kita perlu menggunakan an disitu dan menjadi an hotel. Pengucapan an 'otel ini kalau tidak salah di videonya Oxford Dictionaries pernah terjadi pada abad sekitar 1800-an. 

Namun sekarang pengucapan 'otel itu sudah tidak digunakan lagi, maka sekarang menggunakan a dan bukannya an. Gitu menurut penjelasan video yang saya tonton dari Oxford Dictionaries.

A dan an ini juga digunakan hanya untuk singular noun dan tidak digunakan untuk plural noun ya. 

Articles Dalam Bahasa Inggris
Penggunaan the adalah untuk noun yang kita atau pendengar atau pembaca sudah mengetahui dengan pasti. Contoh kalimatnya antara lain :
  1. The telephone is ringing.
  2. Tom has won the race.
  3. The ice is melting.
The ini juga digunakan untuk noun yang memang hanya ada satu, misalnya the sun, the moon, the sky, atau the front door of my house. 

The Articles

Nah semoga sharing dari saya mengenai articles dalam bahasa Inggris ini bisa bermanfaat untuk teman-teman semuanya ya. Sampai ketemu lagi ya teman-teman di sharing-sharing saya yang lainnya mengenai pembelajaran bahasa Inggris, tetap pantengin terus blog belajar bahasa Inggris Iman Prabawa ini tentunya. See you..


Referensi :
  1. A, An, The - Articles In English
  2. Learn English British Council 

Comments