Arti Help Each Other

Apa Itu Pronoun?

Di tulisan kali ini saya mau sharing mengenai apa itu pronoun. Di tulisan-tulisan saya yang sebelumnya sharing mengenai pembelajaran bahasa Inggris, kita sudah belajar mengenai apa itu noun dan juga macam-macamnya ya. Sekarang kita akan belajar mengenai pronoun.

Apa Itu Pronoun?


Mengenal Apa Itu Pronoun

Pronoun adalah kata ganti kalau definisi dalam bahasa Indonesia. Kata ini biasanya menggantikan posisi noun. Contoh dari pronoun itu misalnya kata I, you, he, she, it, we dan they. Kita langsung saja coba lihat dalam sebuah konteks kalimat ya sehingga teman-teman juga nantinya akan lebih mudah mengerti apa yang saya coba sampaikan disini.

Kita lihat langsung pada contoh kalimat di bawah ini..
My name is Niko. I am a college student.
Nah kalau teman-teman perhatikan kalimat di atas, yang saya beri bold dan kemudian yang saya beri warna merah. Yang berwarna merah itu menggantikan Niko. Niko seperti yang sudah kita bahas dalam materi pelajaran saya yang sebelumnya adalah merupakan noun. 

Hayo, yang sudah pernah mengikuti pelajaran saya mengenai noun, Niko ini termasuk ke dalam common noun atau proper noun kah? Silakan teman-teman baca dulu penjelasan saya mengenai dua jenis noun tersebut ya.

Jadi kata "I" tersebut fungsinya di kalimat kedua adalah menggantikan Niko. Kemudian kita lanjut lagi ke contoh yang kedua ya kalau begitu. 

Kita lihat contoh kalimatnya di bawah ini seperti apa..
This is my father. He is a school teacher.
Nah kalau kita lihat pada kalimat di atas, kata "he" disini menggantikan kata my father di kalimat pertama. Itulah mengapa pronoun itu adalah memang kata ganti.

Kita lanjut lagi ya, kali ini dengan penggunaan kata "she" sebagai pronoun. Kita langsung saja lihat contoh kalimatnya di bawah ini..
This is my mother. She is a doctor.
Nah yang berikutnya ini, kata "she" menunjuk kepada my mother, jadi kata "she" ini menggantikan kata my mother di kalimat yang pertama.

Lalu kemudian kita lanjutkan lagi contoh kita ke kalimat yang selanjutnya, kita lihat yuk contoh kalimatnya di bawah ini..
I have a brother and two sisters.
They are Peter, Sharon and Jenny.
Nah, kalau kalimat di atas, sudah dapat gambarannya ya kira-kira? Bahwa kata "they" itu menggantikan noun untuk a brother and two sisters. 

Lalu kita lihat lagi pada contoh kalimat di bawah ini..
I have a dog. It is called Lucky.
Nah di kalimat di atas, kata "it" itu menggantikan kata a dog, atau kata "it" tersebut merujuk kepada anjing yang bernama Lucky.

Lanjut lagi ya saya beri contoh kalimat lagi. Kita langsung saja baca kalimatnya di bawah ini..
Good morning, children! You may sit down now.
Nah kata "children" digantikan dengan pronoun "you" dalam hal ini.

Kemudian saya berikan contoh yang terakhir ya, kita lihat kalimat berikut ini..
My family and I live in a big city. We have an apartment.
We di atas adalah menggantikan my family dan I. Nah kira-kira teman-teman sudah dapat gambarannya ya mengenai apa itu pronoun? Semoga sharing dari saya ini bisa bermanfaat. Sampai ketemu lagi kalau begitu di sharing saya selanjutnya mengenai pembelajaran bahasa Inggris online. Sampai ketemu lagi and see yaa.. 

Comments